Bagaimana Cara Memilih Furniture Murah dan Berkualitas?

25 Jun 2012

Apa yang ada dalam benak seseorang kalau mereka ingin mengisi rumah kesayangan dengan furniture murah yang berkualitas. Anda tidak perlu berkecil hati karena tidak bisa beli furniture yang harganya puluhan juta rupiah.  Banyak jalan menuju Roma, demikian kata pepatah. Cukup dengan beberapa tips berikut, maka furniture yang Anda inginkan dapat dibawa pulang.

1.  Membeli Furniture Bekas

Pilihan terakhir adalah membeli furniture bekas. Tentu saja harganya lebih murah ketimbang yang baru dong. Saat ini banyak toko furniture dengan produk bekas atau seken. Tentu saja yang dijual biasanya furniture yang kondisinya masih bagus dan desainnya biasanya juga oke, maklum merek terkenal. Misalnya jika Anda suka furniture Palembang bisa datang ke toko furniture Palembang. Namun, berhati-hatilah dalam membeli di toko furniture. Dibutuhkan kejelian dan ketelitian dalam memilih dan menilai furniture seken. Mungkin saja furniture yang dijual mengalami kerusakan. Oleh karena itu, jangan sampai Anda membeli barang yang rusak

2.  Modifikasi Furniture Lama

Jika Anda masih menyimpan furniture lama yang struktur masih baik, maka Anda dapat melakukan sedikit modifikasi untuk menghasilkan furniture baru yang lebih fashionable. Caranya adalah dengan melakukan finishing ulang atau mengubah sedikit desainnya.

Kursi tamu atau sofa lama yang masih Anda simpan dengan baik warnanya sudah pudar, kain pembungkusnya sudah usang dan kotor. Atau furniture kayu / furniture jati yang sudah rusak. Anda tengah berniat untuk menggantinya dengan yang baru. Tapi, tunggu dulu. Jika Anda hitung-hitung, tabungan Anda belumlah cukup untuk menggantinya dengan yang baru mengingat pos keuangan untuk keperluan yang lain masih banyak. Nah, saatnya Anda beraksi dengan membawanya ke workshop pembuat furniture terdekat. Memodifikasi furniture lama bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Anda bisa memoles kembali warnanya yang kusam, mengganti kain dan joknya, atau bahkan mengubah modelnya - tentu saja ada bagian yang bisa diubah dan ada bagian yang tidak bisa diubah. Modifikasi furniture agar terlihat lebih bagus dan menarik seperti jual beli furniture.

Memodifikasi furniture lama akan lebih mudah jika sebelumnya dibeli secara custom-made. Anda tinggal membawanya kembali ke pembuatnya untuk kemudian direnovasi. Hitung-hitung, biaya yang harus Anda keluarkan tentu saja jauh lebih murah ketimbang membeli yang baru. Namun, jika Anda melakukan perubahan besar-besaran pada konstruksi kayunya, tanyakanlah dahulu berapa biayanya. Merenovasi kadang-kadang bisa cukup mahal sehingga jangan sampai malah lebih murah membeli yang baru. Modifikasi furniture bisa menghasilkan furniture minimalis bekualitas seperti yang terpajang di tempat jual furniture misalnya.

3.  Buatlah Furniture Anda Sendiri!

Ini adalah jurus paling ampuh yang tetap berlaku sampai sekarang. Furniture custom-made (dibuat sesuai pesanan) akan memberi Anda banyak keuntungan. Pertama adalah harganya yang jauh lebih murah ketimbang jika Anda membelinya di showroom. Kedua, Anda bisa menentukan sendiri material yang Anda inginkan dan desain furniture pun dapat Anda ubah sesuai selera. Ketiga, Anda dapat mengatur ukuran furniture sesuai dengan ruangan yang tersedia.

Nah, biasanya yang dapat Anda lakukan adalah mencari desain furniture yang cocok, referensinya bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber seperti majalah, internet, furniture milik teman Anda, dsb. Selanjutnya mencari tempat pembuat furniture yang terdekat - masalah kualitas pekerjaan dapat Anda lihat pada contoh furniture pesanan yang sedang mereka kerjakan. Barulah konsultasikan keinginan Anda pada mereka. Pesanan akan siap beberapa minggu sesudah deal, tergantung pada kualitas dan tingkat kesulitan furniture yang dibuat. Apakah itu furniture kayu /furniture jati, dsb.

Dengan cara ini Anda dapat menghemat sekitar 30 - 50 persen dari harga furniture yang ada di tempat toko mebel maupun showroom. Nilai tambahnya adalah material dan warna dapat Anda pilih sesuai selera.


TAGS furniture minimalis furniture murah jepara furniture mebel jepara toko furniture toko mebel toko mebel online


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post